CSS

CSS adalah singkatan dari Cassading Style Sheet. CSS mempunyai kegunaan untuk mengatur tampilan dari dokumen HTML agar menjadi lebih sedap untuk dipandang. Contohnya CSS sering digunakan untuk mengatur jarak antar baris, teks, warna dan format border, bahkan dapat menampilkan file gambar.

CSS sendiri saat ini dikembangkan oleh W3C, organisasi yang mengembangkan teknologi internet. CSS ini pada mulanya dikeluarkan pada tahun 1996 oleh W3C dan pada saati itulah muncul CSS pertama. Dan pada saat itu CSS pertama atau CSS 1 mempunyai kemampuan antar lain:

  1. Properti font seperti typeface dan emphasis
  2. Warna dari text, background dan elemen lain
  3. Atribut text seperti word spacing, letter spacing dan text line
  4. Peletakan (align) dari text, gambar tabel dan elemen lain
  5. Margin, border dan padding

Dan untuk saat ini CSS 1 sudah tidak dikembangkan lagi oleh W3C, maka dari itu muncullah CSS 2 sebagai gantinya. CSS 2 ini dipublikasikan pada bulan Mei 1998. CSS 2 ini mempunyai beberapa kemampuan baru yang telah ditambahkan seperti posisi absolute, relative dan fixed dan juga propery font baru seperti shadow (bayangan).

Lalu selanjutnya muncul CSS 2.1, CSS ini adalah CSS sebagai perbaikan dari versi sebelumnya. CSS 2.1 ini telah menghilangkan dukungan dan fitur yang kurang dan menambahkan ekstensi pada browser.
Dan untuk saat tulisan ini dibuat, telah muncul CSS versi baru, atau yang dinamakan CSS 3. CSS 3 ini membawa banyak fitur menarik yang dapat diimplementasikan pada halaman web.
Oya dan ini adalah foto dari pengembang CSS:
170px-Håkon_Wium_Lie220px-Bert_Bos_1

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s