Aktif dan Nonaktifkan Startup Service pada Chrunchbang (Debian)

Karena di kantor (tepatnya xinix) saya menggunakan Sistem Operasi Linux yang harus ringan dan simpel. Karena untuk menunjang performa dari Laptop itu sendiri, maka disini saya menggunakan Crunchbang yang berbasis debian sebagai Distro Linux pilihan saya. Oke balik lagi ke topik utama (yaitu judul dari artikel yang saya tulis ini), tetang bagaimana cara mengaktifkan dan menonaktifkan startup service pada Crunchbang ini. Pertanyaan untuk hal ini adalah:
Kenapa kita memerlukan pengaktifkan dan penonaktifan service ini?

Sebenarnya jawabannya adalah untuk mempercepat proses booting Linux ke startup awal. Misalnya di Distro Linux Crunchbang saya menginstall 2 database PostgreSQL dan MySQL. Lalu pada saat saya pertama kali menghidupkan PC/Laptop agar proses booting ke startup cepat, maka saya perlu menonaktifkan 2 database itu. Karena 2 database itu hanya saya perlukan saat saya bekerja dengan menggunakan MySQL/PostgreSQL, selebihnya tidak saya gunakan. Maka dari itu hal seperti ini menjadi hal yang perlu dipikirkan. Hehe
Untuk distribusi Debian dan turunannya (misal Crunchbang dan Ubuntu) dengan terminal kita bisa menggunakan fungsi dari update-rc.d.
Oya setiap service pada Aplikasi/Program terletak pada:
/etc/init/

Lalu sekaran adalah bagaimana cara menonaktifkan service itu. Contoh disini saya ingin menonaktifkan service MySQL pada saat startup. Maka ketiklah perintah berikut ini:

$ sudo update-rc.d mysql disable

Dan apabila ingin mengaktifkannya lagi, maka cukup ketikkan perintah:

$ sudo update-rc.d nginx enable

Selain menggunakan perintah di atas, maka kita juga bisa menggunakan beberapa aplikasi yang sudah tersedia pada repository. Contoh adalah dengan menggunakan rcconf. Sebelum menggunakan rcconf, maka install dahulu aplikasi itu dari repository:

$ sudo apt-get install rcconf

Setelah aplikasi itu terinstall, maka kita cukup ketikkan perintah:

$ sudo rcconf

Untuk melihat beberapa service startup, sekaligus kita bisa mengaktifkan dan menonaktifkan servicenya dengan cara mencentang dan uncentang setiap service.

Selain itu kita juga bisa menggunakan sysv-rc-conf. Sebelum menggunakannya maka install aplikasi itu dahulu.

$ sudo apt-get install sysv-rc-conf

Lalu untuk penggunaanya cukup ketikkan perintah:

$ sudo sysv-rc-conf

Nah gampang bukan untuk melakukan enable dan disable startup service pada distribusi debian dan turunannya.
Sumber: http://askubuntu.com dan http://xmodulo.com

Leave a Reply

