Phonegap. Tools untuk membuat aplikasi mobile

Pernahkah anda mendengar tentang framework ini? Bagi yang sudah mendengar mungkin sudah tahu tentang kegunaan dari aplikasi ini, tapi bagi yang belum pernah dengar.. Akan coba saya jelaskan disini..
Kutipan dari situs resminya http://phonegap.com/:
PhoneGap is a free and open source framework that allows you to create mobile apps using standardized web APIs for the platforms you care about.

Yang intinya menurut saya, phonegap adalah sebuah framework yang dibuat untuk memudahkan developer dalam membuat aplikasi mobile dengan menggunakan bahasa web. Yaitu HTML, CSS, dan JavaScript. Phonegap ini bisa dijadikan pilihan buat anda-anda yang ingin develop aplikasi mobile, tapi terkendala karena adanya permasalahan. Misalnya untuk membuat aplikasi Android, kita harus menguasai bahasa Java, Lalu untuk Iphone, kita harus menguasai bahasa C, dan untuk windows phone juga beda lagi dan Blackberry juga beda lagi. Pasti itu akan membutuhkan waktu yang lama untuk developer apabila harus mempelajari bahasa pemograman itu satu-satunya.. Maka untuk jawaban dari permasalahan di atas itu, phonegap lah yang bisa menjadi salah satu alternatifnya.
Phonegap sendiri dibuat oleh perusahaan Adobe, dan sekarang telah mencapai versi 2.5.0 pada saat tulisan ini dibuat dan telah mendukung 7 OS mobile, yaitu Iphone, Android, Bada, Symbian, Blackberry, WebOS, dan Windows Phone.
Berikut ini adalah fitur-fitur yang telah dimiliki oleh phonegap dan bisa di lihat di situs ini http://phonegap.com/about/feature/.
Bagi yang ingin mencoba dan mengetahui tentang framework phonegap ini, silahkan mengunjungi situs resminya http://phonegap.com/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s