Compile kernel OpenSuse

Haha kali ini saya akan coba menjelaskan cara compile kernel pada OpenSuse, karena sekarang saya menggunakan laptop baru dan laptop lama saya sudah saya sumbangkan ke adik saya, maka sekarang saya harus mencari-cari distro Linux yang stabil untuk dijalankan dilaptop ini, dan laptop ini sebenarnya sangat cerewet sekali, karena sudah beberapa kali saya coba install beberapa distro Linux, sering hang di tengah jalan dan tidak bisa dimatikan dengan perintah SysRq, otomatis harus dengan cara paksa yaitu dengan memencet tombol power, tetapi alhamdulillah sekarang saya bertemu dengan OpenSuse dan sepertinya laptop ini merasa cocok.
Oke pada waktu itu, saya pernah menjelaskan cara compile kernel pada Slackware, lalu Fedora. Oke untuk melakukan compile kernel dari source pada OpenSuse ini tidak berbeda jauh dengan Fedora. Caranya pertama kita harus install library gcc untuk membuild kernelnya itu. Caranya:
$ su
# zypper install gcc

Setelah itu tunggu sampai selesai. Dan setelah itu, sekarang kita harus download dulu kernel source di kernel.org. Setelah selesai di download, lalu ekstrak kernel itu ke direktori /usr/src/. Misal kernel itu ada di folder Downloads, maka perintahnya:

# tar -xvf /home/usernamekamu/Downloads/linux-x.x.x.tar.bz2 -C /usr/src

Lalu setelah sourcenya terekstrak semua, sekarang copykan file config default si OpenSuse ke direktori kernel kita tadi yang ada di folder /usr/src. Caranya:

# cp /boot/config.x.x.xx-x-default /usr/src/linux.x.x.x/

Oya maksud dari x disana adalah penomoran versi kernelnya. Contoh kernel linux-3.7.2.tar.bz2. Lalu setelah copy file confignya sekarang kita buat folder symbolic dari kernel yang telah diekstrak tadi.

# cd /usr/src
# ln -s linux-x.x.x linux

Setelah itu, sekarang masuk ke direktori kernelnya dan lakukan perintah ini:

# make mrproper
# make menuconfig

Nah untuk perintah menuconfig di atas, diharapkan anda sudah mengerti apa yang harus anda lakukan (setting disana). Acuan saya sebelum melanjutkan perintah itu, ada baiknya anda melihat spesifikasi dari komputer anda dengan perintah lspci dan lsusb. Dan ingat selalu pesan saya, hati-hati dalam setting config file kernel itu.
Tetapi bagi kalian yang masih bingung, dilanjutkan seja ketahap perintah buildnya. Jadi perintah make menuconfig tidak perlu dijalankan. Perintah buildnya adalah:

# make
# make install

Lakukanlah secara berturut-turut sampai selesai. .
Dan langkah terakhirnya adalah update grubnya dengan perintah:

# grup-mkconfig -o /boot/grub2/grub.cfg

Lalu setelah selesai, coba restart komputer anda dan ketikkan perintah ini:

$ uname -a

Perintah uname -a di atas adalah perintah untuk mengecek versi kernelnya.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s