Join Subtitle/Sound dengan Video di Linux

Oke sekarang saya akan coba berbagi mengenai suatu aplikasi yang paling mantap/oke banget buat gabungin file sound/subtitle dengan video. Misal saat kita download film tapi subtitlenya yang berformat srt itu terpisah, nah dengan aplikasi yang akan saya jelaskan ini, subtitle yang tadinya terpisah, bisa di gabungkan dengan videonya. Atau misal saat kita membuat sebuah video tutorial, tetapi perekaman soundnya itu terpisah filenya. Nah aplikasi ini juga bisa digunakan untuk menggabungkan itu.
Nah lalu apakah aplikasinya?

Nama aplikasinya adalah mkvtoolnix. Info selengkapnya tentang mkvtoolnix bisa di lihat di sini http://www.bunkus.org/videotools/mkvtoolnix/

Oke pada contoh kali ini saya mencoba install aplikasi ini di Linux Slackware saya. Aplikasi mkvtoolnix itu bisa di dapat di sini
Dan setelah di download langsung saja install dengan perintah:

# upgradepkg –install-new mkvtoolnix-5.0.1-i486-1sl.txz

Setelah terinstall, cari aplikasinya, kalau di xfce aplikasinya ada di menu –> multimedia –> mkvmerge gui.
Ini dia tampilannya:

Nah sekarang contoh disini saya akan menggabungkan file subtitle dengan filmnya. Langkahnya tinggal klik tombol add di bagian Input file, lalu cari file subtitlenya ada di mana, setelah itu baru kemudian klik tombol add lagi, lalu cari file video/filmnya ada dimana. Lalu jangan lupa di bagian Output filename, klik tombol browsenya untuk mencari tempat penyimpanan file video hasil join ni. Paham kan?
Misal tampilan setelah di add akan seperti ini:

Kalau sudah tinggal klik tombol Start Muxing dah dan tunggu beberapa saat. Dan video hasil penggabungan dengan subtitlenya pun telah jadi.
Nah itu tadi kan versi gui, untuk versi commandnya ini. Contoh disini file video dan subtitlenya ada di folder /home/aku/Film/

Buka terminal lalu ketik ini:
$ cd /home/aku/Film/

Setelah itu ketik. Contoh disini saya menggabungkan subtitle Car2.srt dengan film Cars2.mkv dan outputnya/hasil penggabungan adalah Cars2-2.mkv.
$ mkvmerge Cars2.srt Cars2.mkv -o Cars2-2.mkv

Yang di atas versi penggabungan secara simpel, untuk yang lebih komplitnya lagi bisa pake cara ini:
$ mkvmerge –forced-track 0:no -s 0 -D -A -T –no-global-tags –no-chapters Cars2.srt –default-track 1:yes –forced-track 1:no –display-dimensions 1:1280×536 –default-track 2:yes –forced-track 2:no -a 2 -d 1 -S -T –no-global-tags –no-chapters Cars2.mkv –track-order 0:0,1:1,1:2 -o Cars2-2.mkv

Contoh di atas kan untuk penggabungan file subtitle, lalu bagaimana audio dengan video? Sebenernya sama aja kok.. 😀
Selamat mencoba..

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s