Sharing file dari Windows Ke Linux

Udah lama juga saya tidak menulis blog lagi. Dan sekarang saya baru sempet buat nulis blog dan tutorial lagi yg semoga saja bermanfaat. Oya tutorial ini akan saya coba dengan menggunakan windows 7 dan Linux Slackware 13.37 saya. Setelah kemarin saya terlalu sibuk ngoprek android, dan sibuk ikutan forum sana-sini, sekarang saya akhirnya memutuskan untuk balik lagi ngoprek linux saya.Hehe
Oke langsung kita mulai saja ya. Pertama-tama kita sudah siapkan PC Windows dan Linuxnya dan jangan lupa antara kedua PC itu sudah terkoneksi dengan jaringannya. Misal disini saya sudah koneksikan dengan menggunakan IP Static. Tutorialnya sudah pernah saya buat di blog ini dan sharing file samba dari windows ke linux ini lanjutan dari tutorial saya sebelumnya, yang menjelaskan cara sharing file dari Linux ke windows di sini
  • Langkah pertama adalah kita harus sudah selesai mengkoneksikan anatar Windows dengan Linux kita seperti gambar di bawah ini:
  • Contoh pada gambar di atas, untuk windows saya menggunakan ip 192.168.56.5 dan Slackware saya dengan ip 192.168.56.2
  • Oke setelah koneksi antara ke dua OS ini sudah berhasil, sekarang saatnya buka windows explorernya si XP, lalu misal disini saya akan menshare folder Shared Documents. Lihat gambar:
  • Sekarang saatnya klik kanan folder itu dan ubah menjadi seperti gambar ini:
  • Lihat di bagian Network Sharing and Security. Lihat disitu saya mengisi Share name dengan nama Documents, nah isian itu bisa diisi terserah dengan kemauan anda. Dan jangan lupa perhatikan tanda cek listnya ya. Hehe
    Kalau sudah klik OK dan lihat gambar ini:

    Di situ terlihat ada gambar tangan ya? Nah itu maksudnya folder siap untuk di share..

  • Sekarang buka terminal/konsol Slackwarenya dan ketikkan ini:
    $ su
    # mkdir /mnt/Share/

    Nah perintah di atas maksudnya adalah untuk membuat folder Share, yang dijadikan untuk mengakses folder share dari windows tadi.

  • Sekarang kita coba memounting folder share yang udah dikasih windows tadi dan kita mount ke folder /mnt/share yang barusan kita buat.
    # smbmount //192.168.56.5/Documents/ /mnt/Share

    Ingat 192.168.56.5 adalah IP static dari si Windows yang di awal udah kita buat sebelumnya ya dan Documents adalah nama dari Share Name (lihat di gambar sebelumnya).

  • Setelah menulis command itu, coba di enter, dan apabila ada permintaan password, langsung di enter aja (dalam kasus ini saya tidak memberikan password pada sambanya). dan taraaaaaaaaa… Lihat gambar ini:

    Lihat di terminalnya menunjukkan kalau saya sudah berhasil melakukan mounting folder hasil share si windows tadi. Hehe keren kan?

  • Dan lihat gambar ini juga..

    Ini bukti saya telah sukses memounting share si windows dengan samba.Hehe

Oke tadi kan saya share cara mount dengan perintah smbmount, atau dengan perintah itu, kita bisa mengakses file-file yang telah di share tadi dengan file manager linux kita, nah sekarang bagaimana kalau kita cuma mau aksesnya hanya dengan terminal/konsol?
Caranya cukup gampang kok. Tinggal masukin z dah perintah ini:

# smbclient //192.168.56.5/Documents/

Kalau nanti ada pertanyaan password, langsung di enter aja ya. Oya sekalian bagi yang bingung menuju direktory yang memakai spasi di samba, coba lihat gambar ini:

Nah dari gambar di atas, contohnya saya ingin menuju direktory My Pictures, jadi untuk menuju direktory itu di samba cukup dengan perintah.

# cd “My Pictures”

Gampang kan kawand?
Sumber:

Semoga bermanfaat ya….

4 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s