Penomoran Halaman Pada LibreOffice Writter

Oke pada tutorial kali ini saya akan menjelaskan sedikit tentang cara membuat penomoran pada LibreOffice. Mungkin diantara kawand-kawand para pengguna Open Source, pada saat pengenalan dengan aplikasi sejenis Ms. Office ini pernah mengalami kesulitan untuk membuat penomoran. Misal saat ingin membuat tugas makalah atau skripsi, dan sejenisnya yang dimana untuk nomor daftar isi, cover, dan isinya itu berbeda. Sebenarnya kalo kita udah tau cara makainya, itu sebenarnya gampang kok dan fleksibel dibandingkan dengan Ms. Officenya Windows.
Kenapa saya bilang gitu?

Karena sebelum saya bilang begitu, pasti saya sudah mencobanya dulu untuk membuat penomoran halaman dengan Ms. Officenya windows. Bisa si bisa untuk membuat penomoran seperti yang saya inginkan, tapi jujur saja, bagi saya itu agak sedikit merepotkan dan tidak semudah dengan menggunakan LibreOffice. Dan juga sempet mengalami kendala saya dengan MS. Office yaitu membuat penomoran daftar isi letaknya ditengah, sedangkan isi letaknya dikanan. Udah saya otak-atik sana sini, gak ketemu juga.Hehe

Oya dari cuplikan cerita singkat saya di atas, itu bukan untuk menjelekkan suatu produk dan melebih-lebihkan suatu produk ya? Itu hanya perbandingan menurut saya aja kok. Jadi gak usah dipermasalahkan panjang lebar.
Oke langsung kita mulai aja ya..

  1. Langkah pertama adalah buka LibreOffice Writternya. Oya dalam kasus ini saya akan mencoba menjelaskan cara membuat penomoran pada daftar isi, isi artikel, dan cover (tidak memakai nomor).
  2. Setelah LibreOffice terbuka, maka klik Format ==> Styles and Formatting (pencet F11). Lihat gambar:
  3. Setelah menu Styles and Fomatting terbuka seperti gambar di atas, selanjutnya adalah klik bagian Page Style (icon-icon kecil yang ada di menu Styles and Formatting). Lihat gambar:
  4. Nah setelah diklik itu, sekarang klik kanan yang default, lalu pilih new. Lihat gambar:
  5. Nah setelah diklik new tadi, maka akan muncul menu baru yaitu menu Page Style. Nah pada bagian Name isikan dengan nama Cover. Setelah diisi itu, langsung klik ok. Lihat gambar:
  6. Oke sehabis diklik Ok, maka akan muncul menu baru kan di menu Styles and Formatting? Ulangi langkah No.4 dan 5 tadi tetapi dengan memasukkan nama Isi dan Daftar isi pada bagian Name Page Stylenya.. Apabila langkahnya benar, seharusnya akan tampil seperti gambar ini (akan terbuat 3 pilihan baru yaitu cover,isi,daftar isi):
  7. Oke bisa kan? Selanjutnya adalah klik halaman si Cover itu lalu klik 2x Cover Pada menu Styles and Formatting. Ni lihat gambarnya:
  8. Selanjutnya adalah klik Insert ==> Manual Break…. Lalu setelah menu windownya muncul, centang Page break pada Type dan pada bagian Style isi dengan Daftar isi dan centang juga Change page number dan isikan angka 1. Setelah itu klik Ok.. Lihat gambar:
  9. Apabila sudah di klik Ok, maka lihat halaman 2 (halaman selanjutnya) dan lihat pada menu Styles and Formatting, maka dia akan default terisi Daftar isi. Lihat gambar:
  10. Setelah halaman daftar isi, selanjutnya adalah membuat halaman isi. Untuk membuat halaman isi, ulangi langkah no. 8 dan yang hanya membedakan adalah, pada bagian Style isi dengan nama Isi

Nah dengan langkah di atas, maka anda sudah membuat 3 halaman yang berbeda. Yaitu cover, daftar isi, dan isi. Selanjutnya yang perlu kita lakukan adalah memberikan nomornya. Langsung dimulai aja ya caranya..

  1. Klik halaman Daftar isi (halaman 2).
  2. Klik Insert ==> Footer ==> Daftar Isi. Nah lalu lihat di halaman Daftar isi (halaman 2) dan lihat, maka akan terbentuk footernya. Setelah itu, klik yang footernya itu dan pencet Ctrl + E. Lihat gambar:
  3. Klik Insert ==> Fields ==> Other… (pencet ctrl + F2)
  4. Lalu pada menu Window Fields dan pada tab Document dan pada Type pilih yang Page, pada bagian Select pilih yang Page numbers, dan pada bagian Format pilih yang Roman (i ii iii). Lalu klik Insert.. Lihat gambar:
  5. Setelah tombol insert di klik, lalu klik Close dan lihat pada halaman daftar isi, maka akan ada no halaman pertama yaitu i. Lihat gambar:
  6. Selanjutnya klik halaman isi (disini kita akan memberikan nomor pada halaman isi (halaman 3)
  7. Klik Insert ==> Footer ==> Isi. Nah lalu lihat di halaman isi (halaman 3) dan lihat, maka akan terbentuk footernya. Setelah itu, klik yang footernya itu dan pencet Ctrl + R. Lihat gambar:
  8. Klik Insert ==> Fields ==> Other… (pencet ctrl + F2)
  9. Lalu pada menu Window Fields dan pada tab Document dan pada Type pilih yang Page, pada bagian Select pilih yang Page numbers, dan pada bagian Format pilih yang ArabicΒ (1 2 3). Lalu klik Insert.. Lihat gambar:
  10. Setelah tombol insert di klik, lalu klik Close dan lihat pada halaman isi, maka akan ada no halaman pertama yaitu 1. Lihat gambar:

Selesai sudah dah pembuatan nomor halaman pada LibreOffice Writter dengan halaman berbeda-beda. Cover tanpa nomor halaman, daftar isi dengan nomor halaman model angka romawi dan terletak ditengah, sedangkan untuk yang isi, model angka arabic (angka biasa) dengan letak nomor ada di kanan. Hasil akhir:

Note: Klik gambar untuk memperbesar
Optimisme adalah keyakinan menuntun kepada keberhasilan. Tidak ada yang bisa dilakukan tanpa harapan dan kepercayaan diri — Helen Keller

Advertisements

6 comments

  1. Great post! πŸ™‚
    Sangat membantu πŸ™‚
    Di Ms. Word, sebenarnya, langkahnya sangat simpel dan tidak perlu membuat “template” page style. Kita hanya perlu membedakan section. Misalnya halaman formalitas masuk section 1, halaman isi section 2, dan halaman lampiran berada pada section 3 πŸ™‚
    Setiap model penomoran halaman yang berbeda, menggunakan section yang berbeda pula.
    Untuk menambahkan section, tinggal masuk ke Page Layout – Breaks – Next Page πŸ™‚
    But overall, tutorial Anda sangat membantu saya. Kebetulan saya lagi belajar LibreOffice πŸ˜€

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s