Putar Video melalui Konsol atau Terminal

Wah mungkin setelah melihat judul di atas agak penasaran dan bingung juga maksudnya apa tu.Hehe
Oke saya akan jelaskan apa si Mplayer itu?
Mplayer adalah pemutar film untuk Linux (dapat berjalan di platform lainnya dan Arsitektur CPU). Mplayer dapat memutar MPEG / VOB, AVI, ASF / WMA / WMV, RM, QT/MOV/MP4, Ogg / OGM, MKV, VIVO, FLI, NUP-pelVideo, yuv4mpeg, FILM dan file Roq, dan didukung banyak biner codec. Anda dapat menonton VCD, SVCD, DVD, Blu-ray, 3ivx, DivX 3/4/5, WMV dan H.264 bahkan film juga.
MPlayer mendukung berbagai driver output video dan audio. dapat bekerja dengan X11, Xv, DGA, OpenGL, svgalib, fbdev, AAlib, libcaca, Di-rectFB, Quartz, Mac OS X CoreVideo, tetapi Anda juga dapat menggunakan GGI, SDL (dan semua merk driver), VESA (pada setiap kartu VESA yang kompatibel, bahkan tanpa X11), beberapa tingkat rendah kartu khusus driver (untuk Matrox, 3dfx dan ATI) dan beberapa hardware MPEG decoder, seperti DVB Siemens, Haup-pauge PVR (ivtv), DXR2 dan DXR3/Hollywood +. Kebanyakan dari mereka mendukung software atau hardware scaling, sehingga Anda dapat menikmati film di fullscreen mode.

Nah itu dia adalah pengertian sedikit mengenai mplyaer. Untuk info lebih lanjut ada dapat membacanya dengan perintah:

$ man mplayer

Atau bisa di lihat di situsnya langsung di http://www.mplayerhq.hu/design7/info.html
Lalu kenapa si harus Mplyaer? Kenapa gak pake pemutar Video default aja yang udah disediain ama Linuxnya atau pake Xine, dll?
Jawabannya:

Yah sebenarnya memakai Mplayer ini gak wajib-wajib amat si.Hehe
Tapi mungkin di antara kawan-kawan pemakai Linux ada yang pernah mengalami kesulitan saat menonton sebuah Film VCD/DVD dan Subtitle-nya tidak muncul. Ini pengalam pribadi saya loch.. Saat saya hendak memainkan sebuah film dvd dan saya coba memutarnya dengan aplikasi Xine atau aplikasi Movie Player, tetep aja itu subtitle tidak muncul. Alhasil setelah saya coba-coba dan iseng-iseng buka terminal eh itu lah gak sengaja nemu Mplayer ini (beruntung banget ya??)He

Alasan lain kenapa memakai Mplayer:

Agak keren aja gitu saat menonton Video DVD tapi memutarnya dengan beberapa perintah melalui Terminal/Konsol.. Keren gak tu??

Nah sekarang gimana si cara nginstallnya?

Cara nginstallnya sebenarnya gampang kok. Untuk Distro seperti Ubuntu tinggal jalanin perintah:
$ sudo apt-get install mplayer
Dan untuk Distro Slackware, gak usah nginstal-nginstal.. Orang udah ada dari sononya tu (oya di Slackware 13.37).
Dan untuk distro lain silahkan menyesuaikan ya..

Terus gimana cara makenya?

Nah cara makenya juga gampang banget tu. Tinggal buka aja terminal/konsol dan jalanin perintah:
$ mplayer dvd:// ====> untuk memutar DVD di Laptop kita (inget udah dimasukin DVD ke DVD Roomnya.Hehe)

Nah terus kalo pengen muter VCD gimana?

Ya itu juga gampang. Tinggal jalanin aja perintah:
$ mplayer vcd://

Terus kalo pengen muter film yang ada di direktory home/user/Desktop saya gimana?

Duh masa gitu aja bingung.. Tinggal menuju direktorynya aja langsung dengan perintah:
$ cd /home/user/Desktop
Terus puter dah filmnya, misal film anu.flv
$ mplyaer anu.flv

Terus kalo di direktory lain gimana?

Duh banyak tanya ya?
Tinggal sesuaiin aja ama perintah yang di atasnya.

Masih gak paham juga?? Duh capeeeeeee dechhhhh… 😀
Catatan:
Berikut adalah perintah-perintah keyboard saat kita menjalankan Mplayer

  1. LEFT and RIGHT (untuk memaju atau memundurkan Film dengan tempo/durasi 10 detik)
  2. UP and DOWN (untuk memaju atau memundurkan Film dengan tempo/durasi 1 menit)
  3. PgUp and PgDn (untuk memaju atau memundurkan Film dengan tempo/durasi 10 menit)
  4. P atau Space (untuk mempause film)
  5. Q atau Esc (untuk menstop film)
  6. V (untuk mengaktifkan/mematikan teks subtitle)
  7. J atau j (Memilih bahasa subtitle. Ingat apabila tersedia ya)
  8. Info lanjut ketik $ man mplayer atau $ mplayer –help

Ni contohnya

:
Asiknya bermain dengan Linux

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s