Adminer. Pengganti phpMyAdmin pasangan Nginx

Sebenarnya saya memakai adminer ini setelah sebelumnya saya sempat kesulitan untuk mengkoneksikan phpMyAdmin dengan web server nginx, maklum lah saya pemula banget.Hehe
Jadi setiap saya mengakses phpmyadmin di localhost, selalu error dengan SSL. Dan sekalinya bisa, itu juga akses phpmyadminnya tanpa password. Bahaya juga kan kalau akses phpmyadmin tanpa password. Beda dengan saat saya menggunakan apache, kalau pake apache itu gak sulit-sulit banget, soalnya untuk tutorialnya itu sendiri banyak banget di Google dan udah gitu apache ini secara default sudah di sertakan pada Slackware 13.37 ini.
Dan 1 lagi, saya juga tidak mau bertanya dahulu dengan permasalahan phpmyadmin ini di group google kesayangan saya/id-Slackware karena masalah itu baru 2 hari menyelimuti saya dan belum ada jalan keluarnya.. Jadi kan saya bisa belajar dan usaha dulu dengan mencari-cari dan bertanya pada Google.Hehe
Lalu pada hari ketiga itulah saya ketemu dengan pengganti phpMyAdmin yaitu Adminer, dan udah gitu Adminer itu hanya terdiri dari 1 file.php saja lagi. Kan enak di implementasiinnya, apalagi bagi yang udah master sama php, bisa di rubah tu adminer.php-nya sesuai kebutuhan (tapi tau di ijinin gak sama pembuat adminernya). Pokoknya enak dah pake Adminer ini, saya aja langsung suka.. Nah bagi yang ingin mencobanya, ini dia tutorial dari saya:
Dalam contoh ini, anda sebelumnya sudah menginstall mysql/postgresql/oracle/database lainnya ( dan web servernya (bisa apache, lighttpd, atau nginx). Oya dalam kasus ini saya menggunakan Linux Slackware, dan untuk distro Linux lainnya tinggal menyesuaikan saja ya? Gampang kok..He Pertama yang harus dilakukan adalah mendownload Adminernya di www.adminer.org dan jangan lupa download adminer.css-nya (sebagai theme adminer-nya) di alternatives design pada www.adminer.org
Pada saat mendownload adminer, contoh saya mendownload adminer-3.3.3.php dan temanya adminer.css

Sesuaikan file adminer yang akan di download sesuai kebutuhan anda.
Setelah adminer-3.3.3.php dan adminer.css selesai di download. Misal ada di folder /home/userku/Downloads. Maka langkah selanjutnya adalah memindahkan file adminer itu ke folder localhost.

Untuk Slackware folder localhost biasanya di arahkan ke /srv/httpd/htdocs. Untuk distro ubuntu biasanya di /var/www. Sedangkan untuk linux yang lain bisa menyesuaikan..

Perintahnya adalah:

  • Membuat folder di /srv/httpd/htdocs atau /var/www dengan nama misalkan myadmin.
    # mkdir /srv/httpd/htdocs/myadmin    —->>> perintah untuk Slackware

    $ sudo mkdir /var/www/myadmin    —->>> perintah untuk Ubuntu

  • Selanjutnya adalah memindahkan file adminer.php dan adminer.css yang sudah di Download dan terletak pada /home/userku/Downloads ke direktory yang sudah di buat itu di atas.
    # mv /home/userku/Downloads/adminer* /srv/httpd/htdocs/myadmin     —->>> untuk slackware

    $ sudo mv /home/userku/Downloads/adminer* /var/www/myadmin     —->>> untuk ubuntu

  • Setelah file adminer itu dipindahkan, kita ubah adminer-3.3.3.php itu menjadi index.php
    # mv /srv/httpd/htdocs/myadmin/adminer-3.3.3.php /srv/httpd/htdocs/myadmin/index.php

    untuk Ubuntu
    $ sudo /var/www/myadmin/adminer-3.3.3.php /var/www/myadmin/index.php

  • Sekrang coba buka browser anda dan ketikkan http://localhost/myadmin/ atau http://localhost/myadmin/index.php.
  • Apabila benar, maka ini dia tampilan adminer di saya:

Info lebih lanjut baca di: http://www.adminer.org/
Sumber: www.ripiu.com
Catatan:
Untuk username dan password sesuaikan dengan username dan password di database anda ( MySQL, PostgreSQL, SQLite, MS SQL, Oracle)
Mudah kan…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s