Anti Install Ulang pada Slackware

Oke jadi begini, pada saat itu saya mengalami kerumitan pada Slackware, yang dimana ada hubungannya dengan tutorial saya yang sebelumnya yang membahas mengenai tentang mengaktifkan php pada nginx.. Nah masalah itu muncul ketika saya ingin menginstall php-fpm dan ternyata oh ternyata, gara-gara php-fpm itu, dan entah karena saya yang terlalu nubie banget, sampe-sampe saya kehilangan library glibc (kalau gak salah) terhapus dan otomatis beberapa perintah command di konsol Slackware saya tidak befungsi. Kayanya library tu, jatungnya Slackware si.. Oya karena itu juga, sampe-sampe Slackware saya tidak bisa melakukan installpkg dan shutdown atau restart kembali. Alhasil Slackware saya jadi corrupt..
Sebenarnya kejadian ini pernah terjadi 2 kali pada saya, kalau waktu kejadian pertama, mau gak mau saya harus install ulang dah.. Tapi untuk yang ke dua ini, saya tidak melakukan install ulang sepenuhnya.

Maksudnya??

Jadi sebenarnya caranya itu cukup memperbaiki aja.

Caranya gimana?

Oya sebelumnya untuk para master-master Slackware yang kebetulan membaca postingan ini, maaf ya kalau cara dari saya itu Nubi banget dan jangan di cela.Hehe
Oke ini dia caranya:

  • Siapkan CD installer Slackware anda (disini saya memakai CD part 1 bukan DVD)
  • Masukkan CD itu ke laptop anda/PC anda dan lakukan booting dari CD itu
  • Lakukan penginstalan Slackware seperti biasa. Tapi….

    Nah pada saat setelah pemilihan partisi yang akan di Install Slackware dan ada pilihan format file system, maka pilihlah untuk tidak memformatnya.

  • Lihat gambar ini dan pilihlah yang no
  • Setelah itu, seperti biasa saat kita melakukan penginstallan Slackware
  • Nah pada saat selesai dan meminta masukkan CD 2, maka tidak usah, langsung aja pilih exit/quit
  • Langkah selanjutnya adalah seperti biasa, seperti atur waktu sampai yang terakhir untuk install Lilo-nya
  • Setelah selesai, maka restartlah Laptop/PC anda. Maka Slackware anda yang tadinya error akan kembali semula

Catatan:
Nah saat kita melakukan serangkaian perintah di atas. Untuk settingan-settingan dan aplikasi kita yang sebelumnya (sebelum Slackware-nya error) sudah di Install tidak akan hilang. Jadi tu berbeda sekali apabila kita harus melakukan install ulang..
Inilah kelebihan dari Slackware yang membuat saya betah untuk selalu menggunakannya.. Belajarlah dari Sekarang, dan janganlah berhenti samapi ajal menjemput mu

4 comments

Leave a Reply

