Setting proxy di Linux

Pada postingan kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara memakai proxy di Linux. Nah untuk pemaikaian proxy ini di linux itu agak berbeda-beda (menurut pengalaman saya di beberapa distro Linux). Sebelum saya membahas bagaimana cara memakai proxy di Linux, lebih baik saya jelaskan dulu kali ya sedikit informasi mengenai proxy itu sendiri

Server proksi (bahasa Inggris: proxy server) adalah sebuah server (sistem komputer atau aplikasi) yang bertindak sebagai perantara permintaan dari klien mencari sumber daya dari server lain. Klien A terhubung ke peladen perantara, meminta beberapa servis, seperti berkas, koneksi, halaman web, atau sumber daya lainnya, yang tersedia dari peladen yang berbeda. Server perantara mengevaluasi permintaan menurut aturan penyaringan. Sebagai contoh, mungkin tapis lalu lintas oleh [alamat [IP]] atau protokol. Jika permintaan divalidasi oleh tapis, perantara menyediakan sumber daya dengan menghubungkan ke peladen yang relevan dan meminta layanan atas nama klien. Sebuah peladen perantara secara opsional dapat mengubah permohonan klien atau menanggapi di server, dan kadang-kadang mungkin melayani permintaan tanpa menghubungi peladen yang ditetapkan. Dalam hal ini, tanggapan yang tembolok dari remote peladen, dan selanjutnya kembali permintaan konten yang sama secara langsung.
Untuk lebih jelas baca di sini

Lalu keuntungan memakai proxy ini adalah:

  1. Proxy bisa menyembunyikan identitas IP anda.
  2. Mempercepat akses ke suatu website.
  3. Dapat digunakan untuk mengakses suatu website atau IP yang diblokir oleh Penyedia ISP atau Penyedia jaringan Internet tertentu (Dengan Proxy Tertentu )
  4. Proxy dapat digunakan untuk memblokir akses ke suatu IP atau website ( Dengan Proxy tertentu )
  5. Meningkatkan Privacy atau keamanan karena proxy ini akan menfilter cookies yang tidak diinginkan dan tersimpan dalam keadaan ter- encrypsi ( Proxy Tertentu)

Udah jelaskan sedikit gambaran mengenai proxy?
Sekarang saatnya saya jelaskan cara mengganti proxy.Hehe Untuk Google Chrome

  • Untuk google chrome untuk mengganti proxynya itu sangat mudah, hanya dengan mengklik tombol kunci yang terletak di sebelah kanan lalu pilih ==> Preferences ==> Under The Hood ==> Change Proxy Setting. Setelah itu biasanya kita dihapadkan pada menu setting untuk proxy lalu tinggal atur aja dah di situ. Tapi untuk kasus di Slackware dengan Desktop Environment Xfce itu tidak bisa. Maka yang harus dilakukan adalah dengan mengetik kode di terminal:

    $ google-chrome –proxy-server=host:port

    Ket: host dan port akan di jelaskan di bawah.

  • Untuk Firefox bisa setting melalui menu edit ==> Preferences ==> advanced ==> network == setting. Gambar:

Dan ini dia gambar sebelum memakai proxy:

Dan yang ini sesudah memakai proxy:

Lihat ada perbedaan kan pada lokasinya?Hehe
Gampang kan?
Catatan:Untuk mendapatkan alamat proxy bisa merujuk ke http://hidemyass.com/proxy-list/.
Lihat di situs tersebut tertera IP Address, maka alamat itu yang harus kita tuliskan di Host (liat yang cara setting google chrome di atas dengan terminal) dan Port tetap di isi dengan alamat port dari situs tersebut.
lihat juga situs yang menyediakan alamat proxy gratis di http://proxy-list.org/en/index.php dan baca juga mengenai proxy squid di http://www.squid-cache.org/Selamat bereksperimen

Advertisements

One comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s