Chrome error in Slackware

Nah sekarang saya akan menjelaskan bagaimana mengatasi error yang terjadi pada google chrome saya di slackware, error ini juga ada gak tau saya karena apa, dateng-dateng pas saya mau buka chrome, eh gak mau kebuka-buka tu di desktop saya. Daripada lama-lama, langsung aja saya jelaskan bagaimana caranya..
Saya mohon buat teman-teman slackware or distro linux lainnya, perhatikan cara yang saya jelaskan ini, kenapa saya suruh perhatikan? Karena saya berharap lain waktu apabila anda menemukan error pada aplikasi lainnya, anda bisa langsung membenarkannya sendiri tanpa pusing-pusing mencari di om google yang memusingkan tentang cara membetulkannya (ingat artikel saya tentang kemudahan Linux).

Pertama untuk mengetahui kenapa itu si chrome tidak mau terbuka, caranya kita buka terminal lalu ketik:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Misal error yang tampil di slackware saya seperti ini:

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libnss3.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Nah ketauan kan kenapa tu si chrome gak mau kebuka? Ternyata kata si terminal/konsol chrome gak mau terbuka karena adanya error ketika loading di library libnss3.so.. Katanya library itu gak ada di direktori. Kan udah tau tu errornya kenapa? Sekarang saatnya kita benerin. Karena library tu gak ditemuin, daripada kita cari library tu capek-capek, mendingan kita pinjem aja library si browser lain. Misalnya punyanya si SeaMonkey yang ada di slackware itu. Code:

ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libnss3.so /usr/lib/libnss3.so

Perintah di atas itu maksudnya adalah kita membuat symbolic link dari librarynya si seamonkey-2.2 ke direktory /usr/lib..Oke stelah itu kita jalankan lagi tu chrome di terminal. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Wah ternyata di slackware saya ada error lagi. Kaya gini ni errornya:

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libnssutil3.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Ternyata ada lagi tu library yang gak bisa di load sama chrome, namanya libnssutil3.so. Gimana tu cara penyelesaiannya? Caranya sama kayak diatas, kita buat symbolic link lagi. Code:

ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libnssutil3.so /usr/lib/libnssutil3.so

Lalu sekarang kita coba lagi buka chromenya lewat terminal. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Wah masih ada error lagi tuh,kaya gini errornya:

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libsmime3.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Kita benerin lagi dah. Code:

ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libsmime3.so /usr/lib/libsmime3.so

Buka lagi chromenya di terminal. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Duh masih ada error.

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libplc4.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Benerin lagi brow. Code:

sudo ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libplc4.so /usr/lib/libplc4.so

Jalanin chromenya di terminal. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Capek juga ya? Masih ada error ni:

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libnspr4.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Benerin lagi. Code:

ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libnspr4.so /usr/lib/libnspr4.so

Jalankan lagi chromenya. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Error lagi aja kawand. Mudah-mudahan ini yang terkahir ya?

/usr/bin/google-chrome: error while loading shared libraries: libplds4.so: cannot open shared object file: No such file or directory

Benerin lagi ya cuy. Code:

ln -s /usr/lib/seamonkey-2.2/libplds4.so /usr/lib/libplds4.so

Jalanin lagi chromenya. Code:

aim@darkstar:~$ google-chrome

Waw berhasil kawand-kawand chromenya terbuka. Ni dia tampilannya:

2 comments

  1. Thanks ya mas
    saya kemaren dapat error di libjpeg.so.62
    (pengguna mint)
    jadi nggak bisa buka jpg, cuma bisa buka dari browser
    tapi sekarang udah solved habis baca tutorial ini
    (enak dimengerti)

Leave a Reply

