Sudo di Slackware

Hmmm mungkin teman-teman para pemakai ubuntu sudah tidak asing lagi dengan perintah Sudo ini (Super User Do). Kenapa memakai Sudo? Karena kalau kita memakai root itu terlalu bahaya dalam mengkonfigurasi system atau hal lainnya. Nah untuk mengatasi hal itu, maka perintah Sudo ini menurut saya menjadi pilihan yang baik apabila kita masuk sebagai user biasa, tetapi disaat tertentu ingin mengkonfigurasi sytem tanpa merubah user kita ini menjadi root terlebih dahulu. Nah sekarang kita bahas caranya, cukup mudah kok.

Pertama kita masuk ke super user dulu dengan mengetikkan perintah su pada slackware kita. Code:

aim@darkstar:~$ su
Password:
root@darkstar:/home/aim#

Nah setelah itu langsung aja kita edit file sudoers yang berada di dalam direktory /etc ini. Code:

root@darkstar:/home/aim# nano /etc/sudoers

Setelah file sudoers terbuka, sekarang kita edit file tersebut seperti di bawah ini:

##
## User privilege specification
##
#root ALL=(ALL) ALL
aim ALL=(ALL) ALL
## Uncomment to allow members of group wheel to execute any command
# %wheel ALL=(ALL) ALL
Keterangan: Lihat di situ saya menambahkan tanda komentar pada root ALL=(ALL) ALL. Lalu di bawahnya saya tambahkan aim ALL=(ALL) ALL. Yang dimana aim itu adalah nama user saya ketika memakai slackware untuk pekerjaan sehari-hari yang gak harus selalu memakai user root, sesuaikan dengan nama user Anda. Lalu simpan dan exit

Sekarang saatnya kita install bash-completion. Fungsinya adalah agar memudahkan kita dalam mengetikkan perintah-perintah bash tanpa harus menghapal perintahnya secara lengkap, cukup ketikkan huruf awal perintahnya aja, kemudian pencet tab pada keyboard (pasti sudah paham kan)?. Pertama download dulu aplikasinya disini.Kemudian install di slackware kita.
Oke sekarang seperti ini contohnya. Code:

aim@darkstar:~/Downloads$ sudo powertop
Password:
PowerTOP 1.13 (C) 2007 – 2010 Intel Corporation

Collecting data for 5 seconds

Your CPU supports the following C-states : C1 C2
Your BIOS reports the following C-states : C1 C2

Oke sekian tutorial kali ini dari saya.
Selamat Mencoba

Advertisements

10 comments

  1. sory gan mau nanya lagi,,
    saya pakai slackware 14.0, untuk seting dhcp sercvernya caranya gimana ya??

    ane lihat di blog2 dhcpnya yg udah di download itu di copy kan isinya ke /etc/dhcpd.conf tapi ane coba malah permission dennied.

    tolong penjelasannya gan,,

    sama ane mencoba utuk lihat paket2 yg udah terinstal belum ketemu2.

  2. Kok segala pake copy isinya gan? Kan tinggal ketik $ su terus pas muncul # langsung ketik nano /etc/dhcpd.conf n masukin dah settingan dhcpd agan disitu. Ni pasti main jaringan y gan? Ane kurang paham jaringan ni.. ๐Ÿ˜€

    Klo untuk lihat paket2 yg udah terinstall ada di /var/log/packages/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s