Cara instal Office 2007 di slackware

Oke kali ini saya akan membahas cara menginstall Microsoft Office 2007 di linux (Tapi dalam hal ini kaset Officenya harus asli ya). Jangan bajakan, kecuali anda punya kaset Office 2007 dan boleh beli dengan lisensinya, terus sayang gak pernah di pake-pake.. Nah cara ini mungkin bisa jadi alternatifnya, walaupun cuma beberapa aplikasi dari Office 2007 yang bisa berjalan dengan baik.
Sebenarnya cara ini bisa dilakukan dengan wine ataupun crossover. Wine adalah versi gratisnya, tapi kita harus mensetting dahulu winenya agar Office 2007 ini berjalan dengan baik, sedangkan Crossover adalah aplikasi yang serupa dengan wine tetapi berbayar, tetapi dalam hal settingannya Crossover sudah mensetting sendiri, jadi gak perlu repot-repot kayak wine yang harus setting dahulu.
. Oke teman, sebenarnya ada cara yg lebih mudah lagi yang aplikasinya mirip seperti Crossover, walaupun menurut saya kurang sempurna seperti Crossover. Tapi kelebihan aplikasi ini gratis loch. Hmmmmmm dari pada lama-lama, kita langsung aja praktek ke TKP gan..
caranya:

  • Install aplikasi Playonlinux disini
  • Setelah mendapatkan aplikasinya, sekaran saatnya menginstall paket-paket pendukungnya. Yang pertama dan yang kedua
  • Oke setelah itu copy file-file tadi ke desktop kita.. Setelah tercopy ketikkan #installpkg *.txz (berfungsi untuk menginstall semua paket berekstensi .txz)
  • Setelah semuanya terinstall lalu jalankan playonlinux dengan mengetikkan $playonlinux (ingat dalam keadaan user biasa aja ya yg berlambang $) dan tunggu di mengapudate sampai selesai sampai muncul seperti gambar di bawah
  • Klik tab bertulisan install sampai muncul gambar seperti ini:
  • Pilih tab Office lalu klik Office 2007 seperti gambar di atas, kemudian baru ketik apply
  • Nah setelah itu tunggu sampai muncul gambar seperti ini:
  • Lalu ketik forward terus sampai seperti gambar ini:
  • Pada bagian yang di atas itu, kalian harus pilih dimana letak file officenya yang ada dalam CD (ingat harus lewat CD ya). Nah karena di situ CD Office 2007 saya terbaca sebagai 2006 blablabla. Oya sebelum itu cdnya jangan lupa di mounting dulu ya. Oke? Biar ada kedeteksi CDnya kayak di atas tu punya saya ke deteksi 2006 blablabla
  • Klik forward lagi. Tunggu sampai proses selesai ya? Sampai penginstalan Office kaya biasa kalau kita nginstall di windows. Kalau ada tulisan minta install,klik aja install ya.
  • Nah nannti kalau ada tulisan add to desktop dan start menu, berarti sampai tahap ini anda sudah sukses, centang aja pilihan yang itu dan forward sampai selesai.
  • Maaf ya gak ada gambarnya?He.. Nah setelah anda cek list pilihan itu sampai selesai, maka shorcut word,excel,power point, dll pun akan ada di desktop kita
  • Setelah itu klik 2 kali dah shorcut word itu yang ada di desktop dan close aplikai Playonlinuxnya
  • Selamat menikmati ya, semoga bermanfaat

Inilah hasil dari Office 2007 saya yang ada di slackware:

Catatan: Sebenarnya di linux juga sudah ada aplikasi seperti Officenya di windows, tapi lebih mirip seperti word 2003. Namanya LibreOffice.. Ini adalah aplikasi free dan opensource.. Lebih baik memakai itu di Linux kita daripada memakai Wordnya Microsoft..

Advertisements

2 comments

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s