Install Google chrome di slackware 13.37

Oke kali ini saya akan membahas bagaimana cara install chrome di slackware 13.37. Soalnya kemaren ane sempet install, tapi pas di klik kok gak mau-mau buka ya tu si chromenya, eh ternyata da sedikit trik agar si chrome tu bisa berjalan dan ini juga tau karena dapet dari postingan orang luar n bahasa inggris, maklum karena gak ngarti, cari-cari yang bahasa indonesia gak ketemu, yaudah coba artiin dah tu yang b.inggris tadi.Hehe

  1. Oke langkah pertama download dulu google-chromenya (yang versi deb ya kawand-kwand jangan yg rpm) di sini.
  2. Kemudian habis di download simpan chromenya, misal di direktory /home/user/Downloads/chrome.
  3. Setelah itu sekarang download paket pendukungnya di sini. Dan simpan kembali di direktory /home/user/Download/chrome (ingat download semuanya aja ya? Biar mantep. 😀
  4. Download paketnya pun selesai, sekarang tinggal masuk ke direktory chrome tersebut, biasa lewat konsole dengan perintah cd /home/user/Downloads/chrome/. Setelah masuk di direktory tersebut, langsung jalankan perintah “chmod +x google-chrome.SlackBuild”. Setelah itu jalankan lagi perintah “./google-chrome.SlackBuild” (tanpa tanda kutip). dan akan terlihat hasilnya yaitu berhasil membuat file google-chrome di /tmp/google-chrome-12.0.742.100-i386-1.txz.
  5. Jalankan perintah “installpkg /tmp/google-chrome-12.0.742.100-i386-1.txz” (harus dalam kondisi root)
  6. Setelah itu balik lagi ke direktory chrome, sama pake cd /home/user/Downloads/chrome.
  7. Jalankan perintah “installpkg *.txz”
  8. Oke google-chrome pun sudah siap di pakai dan bisa di cek di menu application-internet-google chrome

Dan ini dia screenshootnya:

Oke sekian tutorial singkat dari saya, semoga bermanfaat…

saya hanya seorang slacker yang newbie dan ingin berbagi ilmu

Advertisements

4 comments

  1. koq error gini bro .. pdhl udh ane ikutin semua

    bash-4.1# installpkg *.txt
    Cannot install GConf-2.32.1-i486-1.txt: file does not end in .tgz, .tbz, .tlz, or .txz
    Cannot install ORBit2-2.14.19-i486-1.txt: file does not end in .tgz, .tbz, .tlz, or .txz
    Cannot install google-chrome-pam-solibs-1.1.3-i486-1.txt: file does not end in .tgz, .tbz, .tlz, or .txz

    semua packet nya udh ane downloads semua
    bash-4.1# ls
    GConf-2.32.1-i486-1.txt google-chrome-pam-solibs-1.1.3-i486-1.txt
    GConf-2.32.1-i486-1.txz google-chrome-pam-solibs-1.1.3-i486-1.txz
    GConf-2.32.1-i486-1.txz.asc google-chrome-pam-solibs-1.1.3-i486-1.txz.asc
    ORBit2-2.14.19-i486-1.txt google-chrome-stable_current_amd64.deb
    ORBit2-2.14.19-i486-1.txz google-chrome.SlackBuild
    README slack-desc

    ??

  2. Wah agan maczman ini benar sekali.. Soalnya ane pernah ngalamin chrome error sewaktu uninstall seamonkey.. Thx gan untuk tambahannya.. Membantu sekali…
    Ane juga newbie 🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s