Gnome

GNOME Desktop

Hampir semua aktivitas berkomputer kita tu berawal dari desktop brow. Misal jika ingin membuka aplikasi atau sofware tertentu, lewat desktop pastinya. Bahkan saat anda baru login pasti langsung ketemu dengan desktop. Jadi intinya desktop merupakan starting point atau titik awal dari aktivitas berkomputer anda. Nah ini dia element-element yang ada pada desktop.

Desktop background

Kelik kanan pada area kosong desktop, lalu pilih Change Desktop Background
Akan muncul jendela Appearance Preferences. Pilih Image yang akan kita gunakan sebagai wallpaper yang sudah ada, tapi kalo kita pengen gunain image sendiri, tinggal klik add, terus cari file gambarnya dah. Kalo udah tiggal klik Open.

Icon dan Shortcut

Kalo pake jendela kita sering interaksi dengan berbagai macam icon shortcut pada desktop, di Ubuntu juga sama. Bedanya ubuntu juga nampilin icon drive yang udah di mount, baik itu harddrive or optical drive. Bingung ya? Sabar… 😛

Gnome Panel

Gnome panel merupakan bar (menu bar) untuk mengorganisir menu, application launcher, and beberapa fisik yang sedang jalan sehingga gampang untuk diakses. Kalo di jendela kita pasti tau ama istilah taskbar di jendela.
Secara default, desktop Ubuntu terdiri dari 2 panel. Yaitu top panel (panel atas) n bottom panel (panel bawah). Kalo panel atas terdiri dari main menu (application, places, system). Sedangkan pada panel bawah itu ada Show desktop ama trash dan desktop switch. Tapi ini bukan patokan loch. Kita masih bebas untuk melakukan konfigurasi. Keren kan? 😀

Customize panel

Jadi maksudnya adalah kita dapat mengkonfigurasi posisi default panel-panel. Jadi kita bisa memodiffikasi sama ngerubahnya sesuai kepengen kita, kita dapat pindahin posisinya, ganti warna, nentuin komponen-komponen yang ada pada panel dan lain-lain.
Pokoknya bebas dah mau diapain juga. Hehe

  1. Menghapus dan menambahkan panel
  2. Beda ama si jendela yang cuma ngebolehin kita buat punya 1 taskbar, tapi pada Ubuntu kita bebas memiliki berapapun panel yg kita mau, selama resolusi monitor kita sanggup menampungnya.

    Kalau saya pengen punya panel gimana? Bisa gak dihapus panel-panelnya? Jawabannya secara defaultnya si gak bisa, tapi kita bisa tu ngehack supaya tidak terdapat satu panel juga di desktop.

    Menambahkan Panel

    Jika kita masih ngerasa gak cukup cuma ada 2 panel yang ada, maka kita bisa tu nambahin jadi 3 atau 4 kek or 8 kek.He

  1. Klik kana panel yang ada di desktop kita, terus pilih new panel
  2. Sebuah panel baru akan ditambah di samping kanan layar kita. kalau kita pengen nambahin panel sekali lagi, maka panel baru bakal nambah lagi di samping kiri monitor kia. Dan kita dapat nabahin terus panelnya tu…

Menghapus Panel

Kalo kita ngerasa panel-panel yang ad di layar kebanyakan, kita bisa tu ngapusnya. Ya tapi tetep kita harus punya minimal 1 panel lah di desktop kita. Nah cara ngapusnya gini ni, klik kanal panel yang mau dihapus, terus pilih Delete This Panel. Kalo ada menu konfirmasi muncul, pilih yes ya. N eng ing eng… Berhasil kan…

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s