SEJARAH UBUNTU

Setelah kita mengetahui sejarah singkat tentang asal muasa dibuatnya kernel Linux sampai logonya, sekarang kita akan membahas tentang sejarah singkat dari Ubuntu. Ubuntu merupakan distribusi Linux yang masih keturunan dari distro debian dan sangat cocok untuk digunakan di laptop/notebook, PC ataupun server
ubuntu merupakan sistem operasi yang mengemas paket-paketnya secara cukup lengkap, sehingga kebutuhan umum berkomputer anda sehari-hari seperti web browser, aplikasi chating, program office seperti pengolah kata (word processor), persentasi, pengolah gambar, games dan lain-lain sudah tersedia didalamnya tanpa harus melakukan instalasi secara manual.
Ubuntu merupakan istilah yang berasal dari bahasa Afrika tetapnya bahasa bantu dari Afrika selatan yang maknanya kurang lebih adlah “rasa kemanusiaan untuk sesama”. Filosofi dari Ubuntu ini juga tergambar pada logonya, yang berupa 3 orang bergandengan tangan membentuk sebuah lingkaran, yang dapat diartikan sebagai “share” atau “berbagi” untuk semua.

Ubuntu pertama kali di release pada 20 Oktober 2004 dan sesuai maknna filosofis dari namanya, Ubuntu didistribusikan secara gratis dan open source. Ubuntu didukung oleh sebuah perusahaan yang bernama Cannonical.ltd yang dipimpin oleh Mark Shuttleworth. Karena Ubuntu ini cukup stabil dan user friendly, keberadaannya disambut gembira dan banyak diminati publik.
SEKILAS TENTAN UBUNTU
Mungkin kamu akan berpikir seperti ini “Biasanya yang gratisan itu supportnya jelek dan bla bla bla”. Jangan salah meskipun Ubuntu bersifat gratis dan open source tapi Ubuntu didukung oleh komunitas yang sangat besar. Kita tidak akan kesulitan untuk mencari tempat untuk bertanya jika kita menemui kesulitan. Banyak forum-forum dari luar negri (http://ubuntuforum.org) atau dari dalam negeri (http://www.Ubuntu-id.org) yang bisa kita jadikan sumber untuk belajar dan bertanya.
Ubuntu merilis versi terbarunya setiap 6 bulan sekali dan setiap upgrade ataupun updatenya bersifat gratis tanpa biaya sepeserpun. Untuk security updates (update yang menutupi celah keamanan Ubuntu akan mensupportnya paling sedikit 18 bulan untuk setiap versinya).
Ubuntu juga menyediakan versi Long Time Support (LTS). Versi ini akan disupport selama 3 tahun untuk versi desktop dan 5 tahun untuk versi server. Masih gratis untu yang versi LTS? “Ubuntu is and always will be free of change” begitu kata website resminya di http://www.ubuntu.com
VARIAN-VARIAN UBUNTU
Ubuntu memiliki teman-teman “seangkatan” yaitu edubuntu, xubuntu,dan kubuntu. Edubuntu merupakan Ubuntu yang digunakan untuk tujuan edukasi, xubuntu merupakan Ubuntu yang menggunakan Desktop Environtment XFCE, sedangkan kubuntu merupakan Ubuntu yang menggunakan Desktop Environment KDE. Selain itu, terdapat juga berbagai macam varian turudan dari Ubuntu seperti Linuxmint, bahkan ada juga varian buatan anak bangsa seperti Blankon dan Dewalinux.
Walaupun diawal kita membahas masalah perbedaan antara X Windows, DE, dan Windows Manager, kita tidak perlu khawatir atau takut bakal dipusingkan oleh masalah tersebut. Saat kita menginstal Ubuntu, semuanya suda ter-pack dan siap pakai. Untuk tahapan awal yang terpenting adalah memahami dan mengerti istilah-istilah yang sering dipakai dalam dunia Linux. Jika kita sudah terbiasa nantinya, Kita bisa mengembangkan sendiri kemampuan kita dengan melakukan berbagai percobaan.
Setelah membaca bab ini, kita bisa menarik sebuah kesimpulan. Ternyata Linux itu bebas ya? Kita bisa memodifikasi hampir semua aspek dari Linux. Kita bebas melakukan modifikasi-modifikasi hingga menghasilkan sebuah sistem operasi yang benar-benar kita inginkan dan butuhkan.
CARA MENDAPATKAN UBUNTU
Cara mendapatkan Ubuntu sangat mudah. Jika kita memiliki koneksi internet dengan kecepatan yang cukup memadai, kita bisa mendownloadnya langsung lewat wibsite resminya http://www.ubuntu.com/getubuntu/download. Disana, kita bisa mendownload versi terbaru dari Ubuntu gratis.
Tidak memiliki koneksi internet? Minta dikirimin CD aja di https://shipit.ubuntu.com/. Nantinya pihak Ubuntu.com akan mengirimkan CD instalasi Ubuntu kealamat kamu. Tunggu hingga 3-6 minggu, jika tidak ada halangan CD Ubuntu tersebut sudah sampai kealamat kamu. Gratis? Ya gratis, paling cuma membayar ongkos kirimnya aja. 3-6 minggu kelamaan. Kamu bisa membelinya di toko-toko, tempat loakan CD/DVD, sewa, pinjam, copy, dll. Tetap halal dan legal. Enakkan?
SPESIFIKASI YANG DIBUTUHKAN
1.Spesifikasi Minimum
a)Processor dengan kecepatan 300MHz
b)RAM 64 MB
c)4 GB kapasitas harddisk (untuk full instalasi dan swap)
d)VGA graphic card dengan kemampuan resolusi 640×480
e)CD-ROOM drive atau network card
2.Spesifikasi Minimum yang direkomendasikan
a) Processor dengan kecepatan 700 MHz
b) RAM 348 MB
c) Graphic card dengan resolusi 1024×768
d) Sound Card
e) 8 GB Harddisk
f) CD/DVD ROOM atau jaringan dan koneksi internet.
3.Spesifikasi untuk menikmati visual efek dari Ubuntu
a) Processor dengan kecepatan 1,2 GHz
b) RAM 512 MB
c) 8 GB harddisk
d) VGA card yang mendukung
e) Sound card
f) CD/DVD ROOM atau jaringan dan koneksi internet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s