Linux

Sejarah Linux
Linux adalah seenggok kernel yang diciptakan oleh Linus Travold. Terus gimana ceritanya om Linus bisa iseng banget bikin kernel?
Jadi pada tanggal 26 Desember 1969 di Helsinki, Finlandia lahirlah seorang anak jenius yang diberi nama Linus Benedict Torvalds. Bakatnya dibidang komputer mulai terlihat ketika ia menginjak usia 10 tahun. Pada saat itu, Linus menjadi asisten kakeknya yang merupakan seorang profesor statistik di Universitas Helsinki (Emang keturunan jenius ya dia? He) linus mempelajari pemograman dari buku manual komputer kakeknya Commodore VIC-20 (ini nama komputer loh, bukan nama kakeknya). Setelah mendapatkan pelajaran tentang UNIX dan pemograman C, Linus membeli PC pertamanya. Pada masanya terdapat sistem operasi yang terkenal dan sangat menarik minatnya yaitu UNIX. Sayangnya sistem operasi yang dikontrol oleh perusahaan AT&T itu sangatlah mahal, dan source codenya (sumber kode program) sudah tidak lagi tersedia secara bebas. Sebagai alternatif, Linus kemudian mencoba sistem operasi MINIX (akronim dari Minimal UNIX), yang merupakan tiruan sederhana dari sistem operasi UNIX. Kurangnya fitur dan kebijakan source code MINIX yang “lihat boleh, obok-obok jangan” membuat Linus frustasi. Terinspirasi dari buku Tanenbum, ia lalu terdorong untuk membuat sistem operasi baru yang serupa dengan MINIX, namun tidak memiliki keterbatasan fitur ataupun hak penggandaan. Tindakan selanjutnya dari Linus yang sangat tepat adalah mengirimkan E-mail yang mengharapkan kerjasama komunitas dengan bahasa yang tidak menyombongkan diri (sesuatu yang jarang dilakukan oleh anak muda yang merasa dirinya pintar).
Berikut kutipan pesan dari Linus:

From : torvalds@klaava.Helsinki.FI (Linus Benedict torvalds)
Newsgroup : comp.os.minix
Subject : What would you like to see most in minix?
Summary : small poll for my operating system
Message-ID :1991Aug25.205708.9541@klaava.Helsinki.FI
Date : 25 Aug 91 20:57:08 GMT
Organization : University of Helsinki
“Hello everybody out there using minix – i’m doing a (free) operating system) (just a hobby, won’t be bight and professional like gnu) for 386(486) AT clones. This has been brewing since april, and tesembles it somewhat (same physical layout of the file-system (due to practical reasons) among other things). I’ve currently ported bash(1.08) and gcc(1.40), and thing seem to work. This implies that i’ll get something practical within a few months, and i’d like to know what features most people would want. Any suggestions are welcome, but i won’t promise i’ll implement them  Linus (torvalds@kruuna.helsinki.fi).
Dan ternyata email linux pun dibalas oleh programer-programer handal dan akhirnya tebentuklah yang namanya Linux itu.
Ini dia balesannya
PS. Yes – it’s free of any minix code, and it has a multi-threaded fs. It is NOT protable (use 386 task switching etc), and it probably never will support anything other than AT-harddisk, as that’s all I have 
Linux & Tux
Jadi TUX adalah seekor penguin yang dijadikan maskot dan logo dari Linux. Kenapa logonya pinguin ya? Kenapa gak singa atau harimau gitu biar sangar?
Ini dia kisahnya..
Jadi Pada mulanya Linux tidak memiliki logo ataupun maskot yang dijadikan sebagai trademarknya, sampai pada suatu saat Linus Torvalds pergi berlibur kedaerah selatan. Tanpa disengaja, seekor pinguin kecil menggigit jari Linus dan membuatnya demam hingga berhari-hari.
Kejadian ini kemudian menginspirasi Linus untuk menjadikan pinguin ini sebagai logo atau trademark dari sistem operasi ciptaannya, dengan harapan “deman” Linux akan segera mewabah dikalangan para pengguna komputer (bisa aja ya om Linus ini). Terus kenapa pinguinnya dinamain TUX?
Hmmmm ternyata nama TUX bukan asal sembarangan diberikan loh, nama TUX sendiri merupakan akronim dari Trovalds UniX dan James Huges yang merupakan oknum yang beertanggung jawab atas pemberian nama ini.
Pengen liat foto Linus sama TUX-nya gak?
Ini dia fotonya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s